JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Penggunaan metode eksperimen diharapkan dapat meningkatkan kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga dalam proses belajar mengajar itu kegiatan belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan. Dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep perubahan benda yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Gucialit. Data yang diperoleh berupa hasil ulangan harian, lembar penilaian kinerja. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke II yaitu, dari 73,33% menjadi 86,66%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 2 Gucialit Kabupaten Lumajang serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Keyword

ilmu pengetahuan alam, metode eksperimen, pewarisan sifat
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak